Sabtu, 28 Mei 2011

TARI MUANG SANGKAL DAPAT CAK DURASIM AWARD


Tari Muang Sangkal Yang merupakan hasil kreasi pelatih tari asal Kabupaten Sumenep, Taufiqurrahman, kembali akan memperoleh penghargaan Cak Durasim Award yang akan diterima Dinas Pariwisata Propinsi Jatim, di Surabaya dalam waktu dekat.


Menurut Taufiqurrahman yang juga pemilik sanggar tari Bhumi Jokotole Sumenep ini, ketika ditemui sejumlah wartawan di sanggarnya Jl. KH. Mansyur, mengaku sangat bangga dengan perhargaan yang akan diterima nanti.

“Sebenarnya kita sudah sering mendapat penghargaan di bidang seni tari ini, bahkan tidak hanya di tingkat Jatim dan Nasional, kita juga pernah diundang ke beberapa negara sebagai duta seni kesana.” Ujar Taufiqurrahman.

Diakuinya, jika sebelumnya seni tari dari Sumenep termasuk beberapa karya tari yang di ciptanya sudah melanglang buana ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan ke luar negeri, seperti ke negara-negara Eropa, Belanda, Prancis, Belgia, Inggris termasuk ke berbagai negara Asia, seperti China, Taiwan dan Singapura.

Bahkan menurut Taufik, begitu biasa dipanggil, Tari Muang Sangkal seperti sudah melekat sebagai Budaya Seni Sumenep. Dan sudah di inventarisasi sebagai tari khas di Bumi Sumekar ini. Bahkan dalam pelaksanaan Pekan Budaya Nasional yang dilaksanakan di Legian Beach, Denpasar Bali pada bulan Agustus 2008 lalu, Kabupaten Sumenep juga mengirim dua kelompok tari yang salah satunya adalah tari muang sangkal yang menjadi andalan Seni Budaya Sumenep

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...