Selasa, 31 Mei 2011

evaluasi sugestibility


Selain dari keempat sugestibility test diatas, masih banyak test-test yang dapat dilakukan, seperti :

* Arm Raising
* Lemon Taste
* Magnetic fingers
* Dsb..(silakan googling)

Pada prinsipnya rangkain test ini hanya merupaka sebuah “alat” untuk mengetahui tingkat sugestibilitas Subyek, yang perlu dipahami dari rangkai test tersebut bukan SCRIPT melainkan filosofi dari test tersbut, jika kita sudah mengetahui filosofi tersebut bahkan mungkin tercipta teknik-tenik baru untuk melakukan suggestibility test. Dalam rangkain workshop yang diadakan oleh pak Yan Nurindra, dijelaskan bahwa sugestibility test seharusnya dibawakan secara “halus” dan bisa diimplementasi kapan saja, tujuannya agar subyek tidak mengetahui atau tidak sadar sedang ditest.

Dalam prakteknya mungkin saja kita menemukan kesulitan dalam menjalakan test tersebut,seperti :

* Apa yang membuat subyek menjadi sulit untuk disugesti?
* Mengapa ada subyek yang bisa melakukan suggestibility test (1) & (2) saja ?
* Bagaimana kita tahu apakah subyek sudah menerima sugesti dengan baik atau pura-pura saja?
* dll..

Pertanyaan paling umum yang sering diajukan adalah:

“Bagaimana kita melakukan Hypnosis tanpa melakukan Test?”
Jawabannya : Tidak bisa!, karena hanya dengan test tersebut baru bisa mengetahui tingkat sugestibilitas subyek, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita melakukan test tersebut secara terselubung.

“Bagaimana melakukan test secara terselubung? ”
Jawabannya : “Gunakan bahasa sehari-hari yang umum, bahasa tubuhpun berpengaruh besar ketika anda melakukan test, jadi perhatikan bahasa tubuh anda!”

Hypnosis merupakan PRAKTEK yang mendukung TEORI bukan sebaliknya, oleh karena itu praktek menjadi sangat penting dalam kegiatan hypnosis, cobalah untuk melakukan sugestibility test ke-sebanyak mungkin orang yang anda temukan, dengan begitu kita akan semakin paham untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Salah satu teknik terbaik dalam pembelajaran ini adalah ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi) dari orang-orang yang piawai dalam Hypnosis.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...