Sabtu, 28 Mei 2011

ludruk kalianget


Kecamatan :Kalianget
Desa : Kalianget Barat

1. NamaJenisPotensiWisata : Ludruk
2. Luas Area :
3. Saranadanprasarana :
* SeperangkatKostum
* Seperangkat Sound Sytem, Instrumen Gamelan
* 1 Unit GedungPenyimpananPerlengkapan
4. DeskripsiPotensiWisata :

Ludrukadalahpertunjukanteatermusikaltanpatopeng, padasaatinisangatpopuler di Daerah Sumenep.PadamulanyaLudrukadalahnyanyiandantariansewaktumenumbukpadi yang kemudiandijadikantariankeratonpadaabad 14, padasaatitubernama "RAKET".Setelagberevolusidanmuncul di daerahSumenep, Ludrukmengalamibeberapapergantiannama, antara lain: Pantil, Ajhing, LudrukdansaatinibisadisebutKetoprak. Evolusitersebutdiperkirakanmulaisekitarabadke 18.PadasaatituLudrukmelakonkanadegan-adegansehari-hariantara lain: episode perangkemerdekaansertaceritapahlawandalamlegenda-legenda Madura danJawa.
Ludrukadalahsuatubentukhiburanrakyat yang dipentaskandanditontonterutamaolehkaumburuh.Saatiniludruk di daerahSumenepsudahjarangtampil, sebabtergantung order yang merekaterima.Sepertihalnyaludruk "RukunKemala" yang diketahuiolehAhmarudindalamsebulanmerekamamputampil 1-2 kali dankebanyakanmerekatampil di daerahpelosok yang tradisionalismenyamasihkental.

5. DeskripsiPengolahan / Pengembangannya

Dilihatdariperkembangannyasaatini, ludruktidakbedajauhdengankebudayaan lain yang ada di Sumenep. Selalutergantungpada order yang merekaterima. MenurutAhmarudin, denganminimnyasaranadanprasaranauntukmengembangkanbakatdapatdiperkirakankebudayaaniniakanterusmengalamipenurunan. Hal inijugadipengaruhiolehperkembanganjaman yang semakin modern.Sehinggaminatuntukmemperhatikandanmengembangkanbudayainisangatlahkurang.Solusiawaluntukmengembangkankembalikebudayaaniniyaitudenganmemberikanataumenyediakansaranadanprasaranagunamemunculkankembaliminatmasyarakatterhadapkebudayaaninisepertitamanhiburanrakyat (THR Surabaya) menyediakanpanggungpermanendansegalafasilitasnya yang digunakanuntukpagelarankebudayaantradisional (Topeng, Ketoprak, dan lain-lain).

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...