Sabtu, 28 Mei 2011

Pasca Suramadu, Pamekasan Kabupaten Pendidikan, Sumenep Pariwisata


Sementara itu, konsep pengembangan daerah di empat kabupaten di madura sudah disiapkan pasca beroperasinya jembatan suramadu . pamekasan yang memprioritaskan sektor pendidikan, ke depan diproyeksikan menjadi kota pendidikan di madura. sedangkan kabupaten sumenep menjadi daerah wisata. sementara sampang dan bangkalan menjadi kota industri.


Menjadikan kabupaten pamekasan sebagai kabupaten pendidikan dan kabupaten sumenep sebagai daerah wisata ini merupakan konsep pengembangan potensi di masing-masing daerah pasca-suramadu. hal itu disampaikan anggota komisi e dprd jawa timur, fudholi moh. Ruham.

sedangkan kabupaten sampang dan kabupaten bangkalan nantinya akan menjadi daerah industri. hal ini sesuai dengan konsep tata ruang wilayah yang telah dirancang pemerintah provinsi bersama dprd jawa timur.

menjadikan kabupaten pamekasan sebagai proyeksi pengembangan di bidang pendidikan, karena selama ini pamekasan memang lebih komitmen dalam pengembangan di bidang pendidikan. selain itu, pendidikan memang menjadi prioritas utama pembangunan di pamekasan.

hal itu dibuktikan dengan banyaknya alokasi dana dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (apbd) yang lebih banyak dibanding kabupaten lain di madura seperti bangkalan, sampang dan kabupaten sumenep.

sementara rencana pengembangan kabupaten sumenep, sebagai kabupaten wisata, karena di sumenep memang banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. baik wisata alam, maupun wisata keagamaan. seperti pantai lombang, slopeng yang sudah banyak dikenal masyarakat.

sedang wisata agama seperti asta tinggi yang merupakan tempat makam raja-raja sumenep, asta sayyid yusuf di wilayah kecamatan talango, serta sejumlah lokasi wisata agama lain yang ada di sumenep.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...