Sabtu, 28 Mei 2011

Kompleks pemakaman Asta Tinggi


Kecamatan : Kota Sumenep
Desa : Kebonagung

1. NamaJenisPotensiWisata : AstaTinggi
2. Luas Area : 112.2m x 109.25m
3. Saranadanprasarana :
* Penginapan
* TempatWudhu
* Musolla
4. DeskripsiPotensiWisata :

Obyekwisatainiterletak di desaKebunagungsekitar 2,4 Km arahbaratlautkotaSumenepdanterletak di kawasandatarantinggi. AstaTinggimerupakansitusmakam Raja-raja Sumenepdanketurunannya yang dibangunpadatahun 1763.Astaataumakam raja-raja inidikelilingipagartembok yang terdiridaribatukapur yang tersusunrapitanpaperekatbaikcampuran semen danpasirmaupunpasirdankapur.Di dalamAstaTinggiterdapatcungkupdankubahtempatkuburan raja-raja yang dihiasiolehukir-ukirankayuhasilkerajinansenimanlokalsehinggamemiliki cirri khasdannilaiukirtradisionalSumeneppadamasalalu.
Untukmasukkekompleksmakam-makam raja ini, parapengunjungakanmelewatipintugerbang yang tinggidankokohdenganduabuahprasasti di sebelahkiridankanangerbang. Makam raja-raja initerbagimenjaditigalokasi, yaitumakamPakunataningrat di sebelahkirigerbangutama, makam Sultan Abdurrachman, dankompleksmakamparapatih, bupati, prajuritdankerabatkerajaan yang lain.
LokasiAstaTinggicukupmudahdijangkauolehwisatawandanaksesjalansertafasilitasumum yang adasepertiwcumum, komunikasi, penerangancukupmemadai, sehinggaparapengunjung yang melakukanziaranmerasanyamandanbisalebihkhidmatdalamziarahnya.

5. DeskripsiPengolahan / Pengembangannya

Astatinggisangatmembutuhkanpengembangan.Pengembangan yang dibutuhkanadalah: penginapan/pesanggrahan. Karenapenginapan yang adasaatinitidakcukupuntukmenampungparapeziarah yang bermalam.Selainitu yang perludikembangkanadalahlahanparkir.Karenalahan yang adatidakdapatmenampungapabilabanyakpeziarah.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...