Sabtu, 28 Mei 2011

GUA JERUK SUMENEP


Kecamatan : Kota Sumenep
Desa : Kebunagung

1. NamaJenisPotensiWisata : GuaJeruk
2. Luas Area : 150 m2
3. Saranadanprasarana : JalanSetapak
4. DeskripsiPotensiWisata :


Guajerukterletak di datarantinggidiluarkawasanAstaTinggi di DesaKebunagungKabupatenSumenep.Guatersebutsebagaitempatpertapaan Sultan AbudurrahmanPakunataningratAdipatiSumeneppadatahun 1811-1854)M. SetelahpemerintahanPanembahanSumolo. Sultan Abdurrahman adalahsatu-satunyaadipatiSumenep yang sangatcerdikdalammengelolacarapemerintahanpadazamannya. Beliaupernahbertugaskeluar Madura untukmembasmipemberontakanseperti; di Japan, Cirbon, Bali, Sulawesi padatahun 1811-1916.
Padamasapemerintahan Sultan Abdurrahman seluruhrakyatSumenepmerasaamandandamai, tentramdanrodaperekonomiansangatlancar.Sehinggabeliaumendapattempat di hatirakyatnya, setiapmasyarakatsegan, hormatdanmencintai sang sultan.
OlehkarenaituGuaJeruktetapdijagakelestariandankeasliannya.Hal iniselainuntukmengenang Sultan Abdurrahman jugamenjagasalahsatutonggaksejarahSumenep.Guajerukramaidikunjungiolehmasyarakat, bukansajaberasaldaridalamkotamelainkanluarkotajugabahkanlintasprovinsiterutamaketikamusimlibursekolahatauliburharirayasepertiharirayaidulfitridanketupatan.
Mengingattingginyapengunjungsetiapminggunya, perlukiranyapengembanganwisataguajeruk.Karenaselainkeindahannya, letaknya yang strategisjugamendukungdilakukannyapengembanganwisataGuaJerukini.

5. DeskripsiPengolahan / Pengembangannya

Dilihatdaribanyaknyapengunjungtiapminggunya, GuaJerukternyatamemilikipotensiwisatasehinggaperludikembangkan agar menjadisalahsatuwisata yang lebihlagi yang nantinyamampumemberikannilailebihpadamasyarakatsekitarkhususnyadanmasyarakatsumenepumumnya.Adapun yang perludikembangkan, seperti:

1. PerbaikanJalan
2. TempatParkirSepeda Motor
3. PemasanganLampu
4. Tempatistirahat/ Gasibo.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...