Sabtu, 28 Mei 2011

Masjid Agung Sumenep


Kecamatan : Kota Sumenep
Desa : Bangselok

1. NamaJenisPotensiWisata : MesjidAgungSumenep
2. Luas Area : 100m x 100m
3. Saranadanprasarana :
* Kantor Sekretariat
* PesangrahanKiridanKanan
* Toilet
* TempatParkir
* TempatWudhu
4. DeskripsiPotensiWisata :

PadamulanyaMesjidAgungSumenepdibangunpadaTahun 1779 M danselesaipadatahun 1787.jadiMesjidAgungtersebutdibangunsampaiselesaisempurnakuranglebihmemakanwaktuselama 8 tahun. Mesjiddibangunpadabulanpuasadanselesaipadabulanpuasa pula.
MesjidAgunginidibangunkarenapadazamanituislam di Sumenepberkembangpesatsehinggabanyakjamaah yang hadir di mesjidsehinggamesjid yang lama yaitumesjidlajutidakdapatmenampungjamaah. AkhirnyamunculinisiatifPanembahanNotokusumo I besertapetinggi-petinggikeratondandibantuoleharsitekdarinegeri China yang bernama "LauwPrango" cucudariLauwKoenthinguntukmembangunmesjid yang lebihbesarlagi yang mampumenampungseluruhmasyarakatSumenep.
Pada proses pembangunannya, pembangunanmengalamiketerbatasanbahanbakubangunansehinggauntukbahanperekatnyamenggunakan air nirasebagaicampurannya. Namunmeskisepertiitusampaisekarangmesjidinitetapberdirikokoh.
Adapunsetiaptitik yang adapadabangunanmesjidinimempunyaiartitersendiridandintaranyamerupakanwasiat-wasiatPanembahanSumolo, Yaitu:
a. Wasiatpadaprasasti yang terletakditengah-tengahukirandiataspintugerbangMesjidAgung yang berbunyi "MesjidiniadalahBaitullah, PangeranNotokusumoPenguasa di NegeriKeratonSumenep: sesungguhnya: wasiatkukepada orang yang memerintah (selalupenguasa) danmenegakkankebajikan; mesjiditutidakbolehdiwariskandantidakbolehdijualdantidakboleh di rusak". Wasiatiniditulispadatahun 1806 M.
b. WasiatPanembahanpadaketurunannya: jikaakusudahtiada (pulangkeRahmatullah) makaseandainyamesjidmengalamikerusakandantidakadalagi yang merawat (tidakpunyabiayalagi) makadiantara 13 pilar yang adabolehdirobohkanuntukbiayamesjid. Jadilogikanyaadabarangberharga di dalampilar.
c. MesjidAgungterletak di tempat yang paling strategisyaituditengah-tengahkotaSumenepberhadapandenganalun-alunkotaSumenep
d. Didalammesjidterdapat 13 pilar yang begitubesar yang mengartikanrukunsolatnamunpadabagianluarterdapat 20 pilar. Dan 3 tempatkhotbah yang begituindahdandiatastempatKhotbahtersebutterdapatsebuahpedang yang mencirikanbahwapedangtersebutberasaldariIrak. Awalnyapedangtersebutterdapat 2 buahnamunsalahsatunyahilangdantidakpernahkembali.
e. Mesjidmempunyai 10 jendeladan 9 pintu yang besar-besardenganukiranbunga yang melambangkankhasSumenep. Disampingpintudepanmesjidterdapat jam duduk yang bermerkJonghansdandiataspintutersebutterdapatprasasti yang bertuliskanarabdanjawa
f. Padahalamanmesjiddibangunkantorkesektariatandantempatwudhu, Toilet.
g. Pendapat per bulanRp 1.500.000,-
DeskripsiPengolahan / Pengembangannya
Pengembanganterusdilakukandanuntuksaatini yang paling diharapkanadalahpelebaran areal parkirmengingatjikapadahari-haribesarsepertiharirayabanyakjamaah yang terpaksamemarkirkendaraan di luar yang keamanannyakurangterjamin.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...