Sabtu, 28 Mei 2011

Gunung Payudan(gunung terindah di sumenep)


Kecamatan :Guluk-Guluk
Desa : PayudanDaleman

1. NamaJenisPotensiWisata : GunungPayudan
2. Luas Area : 150M x 40M
3. Saranadanprasarana : Jalanmasukaspaldarijalanutamasepanjang 1400m selebihnyasampailokasibelumberaspal 700m
4. DeskripsiPotensiWisata :


objekwisatainiberada di ataspegunungan yang bernamaGunungPayudan, tepatnya di DesaPayudanDalemanKecamatanGuluk-GulukKabupatenSumenepkuranglebih 30 Km keArah Barat Kota Sumenep. BagimasyarakatSumenepKhususnya, GuaPayudanmempunyaiartipentingmengingatguainimemilikiketerkaitandengansejarah raja-raja Sumenepabad 14 samapi 17.GuainitidakhanyabernilaisebuahobyekwisataAlam (goa) saja, tetapijugamengandungmaknareligidansejarahdidalamnya.
Goa payudanpadajamandahulukala, padamasakerajaanmerupakantempatbertapa / bersemedisebagian raja-raja Sumenep.Adapun raja-raja Sumenep yang pernahbertapa di Goa iniadalah:

1. PotreKoneng, adalahPutridariPangeranSoccadiningrat II Raja Sumenep yang berkuasasekitartahun 1366 sampai 1386 yang keratonnyapadawaktuitumasihberada di DesaBanasareKecamatanRubaru. Potrekonenginimempunyaisuami yang juga raja di Sepudi yang bernamaAdiPodaysekitartahun 1399-1415 yang masihcucudarisunanAmpel Surabaya.
2. PangeranJokotole, adalahPangeran yang bergelarPangeranSoccadiningrat III Raja SumeneppadaTahun 1415-1460. beliauadalah Putra tertuadariPasanganPotreKonengdenganAdipoday. Jokotoletidakhanya di kenal di wilayah Madura saja, tetapisudahkeluar Madura sepertiJawadan Bali. KononJokotolemerupakan raja yang sangatdiseganikarenakeahlianilmukanoragannya. Hal initerbuktipadajamankerajaanMajapahit, JokotolemampumengalahkanBlambangan yang padaakhirnya di jadikanMenantu raja majapahityaitu Raja Brawijaya.
3. PangeranJimat, Raja Sumeneptahun 1731-1744, adalahputraPangeran Rama (PangeranCakra Negara II)
4. KeLesap, Raja Sumeneptahun 1749-1750, beliauberkuasahanyasebentarkarenatewasterbunuhketikaberperangmelawan raja daribangkalan. AdapunKeLesapsendiriadalahketurunandariBangkalan.
5. BindaraSaod. CR. TumenggungTirtonegoro) Raja Sumeneptahun 1750-1762

Untukmenuju / mengunjungitempatinitidakbegitusulit, dariSumenepnaikangkutanumummenujugandinglalugantiangkutanmenujuPaseanataubatuAmpar, kemudianturun di pertigaanDesaPayudanDaleman.Sedangdaripertigaanbisamenaikidokar (Andong) ataujalan kaki sekitar 2 Km sampaikeLokasi Goa.
Kononmenurutceritanya, goainipertama kali ditemukanYaituoleh K. Sulaiman bin Samukdin yang berasaldariPamekasan. Awalnya K. Sulaimanbersemedi di AstaJuruanKecamatanBatuPutihKabupatenSumenepselama 21 Hari.Selamamelakukan tapa tersebut, bekal yang dibawayaitujagungsangrai.Setelahharike 21, K SulaimanmendapatpetunjukuntukpergikeArahbarat, tepatnyakegunungpayudan.Setelah 3 hari 3 malamberjalankearahbaratsampaidannaikmakaterdengarsuarasayup-sayupsepertiada orang menumbukjagung.Setelah di dekatiternyatatidakadaseorangpun yang sedangmenumbukjagung, yang adahanyatempatrindangdengandindingbatudisertaidengantempatberistirahatdanterdapatbanyaklubang.Akhirnyabeliaubertawassulkepada Yang MahaEsa.Laludatanglahpetunjukbahwatempattersebutmerupakantempatbertapapara raja-raja terdahulu.
Diceritakan di atas Goa bahwa orang yang pertama kali mendirikanrumah di atas Goa Payudanadalahketurunanterakhirdari K. Sulaimanyaitu K. Tayyibpadatahun 1908.tapipadatahun 1938 K. TayyibpindahkePamekasandenganalasanbanyakceleng (babiHutan) yang kemudianditempatikerabatnya yang lain yaitumaniti yang sekaligusmenjadijurukunci Goa tersbut.
Sampaisaatinibanyakpengunjungkesana, bahkan orang yang bersemedidisanasulitbergantiartinya di tempatituselaluada orang yang bersemedi, bahkanada yang sampaisatutahunlamanya.

5. DeskripsiPengolahan / Pengembangannya

Goa payudanmerupakansalahsatuobyekwisataalam yang ada di Madura khususnya di kecamatanGuluk-gulukKabupatenSumenep, dengantingkatpengunjung yang cukupberpotensi.MakasudahsaatnyatempatinidijadikanobyekwisataalamunggulankhususnyaKabupatenSumenep.Untukmembuatobyekwisatainilebihdikenaldanlebihbanyakpengunjung, tentunyaperluadanyapembenahan-pembenahanstrukturmaupuninfrastruktur.DalamhalinidinasterkaityaituDinasPariwisatadankebudayaanKabupatenSumenep, sudahsaatnyamemperhatikanobyekwisatatersebut. Adapunpengembangan yang perludiutamakan di lokasiobyekiniantaralain;

1. Tangganaikmenujuhalaman / pelantaran Goa perludiberipagarataupeganganpenyanggauntukmengurangiresikokecelakaanpadapengunjung. Hal inipentingdanharussegeradilakukanmengingattanggamenujulokasisangatberbahayadancuramdanlicin.Goamemilikitigalantai; pertamaadalahhalaman Goa denganukurankuranglebih 27m x 10m, lantaikedua (diatasnya) yaituberukuranĂ‚±35m2 danbiasadigunakansebagairuangtamu (Lobbi); sedangkanlantaidiatasnyayaitulantaiketigadifungsikanuntukSolat.
2. MembentuksuatuyayasanatauperkumpulankhusmengelolakeberadaanObyekwisata Goa inisepertiobyekwisata lain yang ada di KabupatenSumenep (AstaTinggidanAsta Yusuf Talango).
3. PembuatanPetaataudenahLokasi yang menunjukkanarahsertajalan yang bisadilalui.

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...